March 01, 2012

Rapat Koordinasi DAERAH - WILAYAH

Salam 51-55

Sesuai dengan undangan yang diterima via SMS,

”Ass... Kepada rekan rekan Peng. Daerah, DPO Daerah... Ketua & Sekrt Wilayah... Diharapkan kehadirannya pada rapat Koord. Hari Rabu, 29 Feb 2012 jam 18:30... di 10-85 KETUA DAERAH ~ 09EKI... Cc.. Ketua Daerah”

Demikianlah, maka dengan kondisi seadanya ”Pengurus Kota Adm. Jaksel yang Tersisa” melakukan koordinasi siapa yang bersedia mewakili Jakarta Selatan. Setelah saling berkoordinasi antara JZ09GGX, JZ09SAS, JZ09ENB dan saya sendiri JZ09IAG maka disepakati JZ09ENB dan JZ09IAG yang akan mewakili...

Berbekal alamat yang diberikan oleh JZ09GGX dan 10-14 dari JZ09ENB, saya meluncur menuju TKP tepat pada pukul 17:20 Wib dengan harapan dapat tiba tepat waktu di lokasi. Sepanjang perjalanan sempat ber 10-25 dengan teman teman di frekwensi Kerja RAPI Jakarta Selatan yaitu di 142.600 Mhz...

Ternyata tidak mudah untuk mencari alamat yang telah diberikan. Setelah bertanya kesana kemari... akhirnya sampai juga di TKP. Jam ditangan menunjutkan tepat pukul 18:25 Wib... wah mantappp tidak telat... hehehe jadi tidak memalukan Jakarta Selatan... demikian yang terlintas dipikiranku. Setelah parkir, ternyata belum ada satupun Pengurus Daerah ataupun dari teman teman Wilayah lain yang datang. Terasa kecewa banget hati ini, sambil menunggu kubeli sebungkus rokok sebagai teman menunggu. Tak berselang lama, JZ09DHR tiba, dilanjutkan dengan JZ09ENB... begitulah setelah pukul 7an lewat, teman teman baru berdatangan...

Rapat dibuka oleh JZ09EWE selaku Sekrt RAPI Provinsi DKI. Adapun agenda malam ini adalah Rapat Koordinasi tentang: Organisasi dan info tentang BALMON.

JZ09HNY menjelaskan kondisi terkini menurut kacamata RAPI Provinsi DKI bahwa kendala organisasi adalah masalah klasik yaitu tentang 10-28. Singkat kata, Provinsi DKI menanyakan masukan atau kendala dari masing masing Ketua Wilayah ataupun yang mewakili tentang kondisi 10-28 tersebut.

Ketua RAPI Kota Adm. Jakarta Timur menjelaskan bahwa mereka sudah berkoordinasi langsung dengan JZ09BCQ selaku anggota dari wilayah Jakarta Timur, walaupun posisi beliau saat ini adalah sebagai Ketua RAPI Nasional. Ketua RAPI Kota Adm. Jakarta Timur minta agar masalah ini dapat diselesaikan segera dan dijanjikan oleh RAPI Nasional melalui JZ09NUR bahwa 1000 IKRAP/KTA sudah selesai. Ternyata dari janji tersebut kenyataannya hanya 9 IKRAP/KTA wilayah Timur yang selesai. Selanjutnya dijanjikan lagi akan selesai dalam minggu depan 1800 IKRAP/KTA. Demikianlah, intinya Ketua RAPI Kota Adm. Jakarta Timur sudah kecewa dan tidak dapat mempercayai apa yang dijanjikan oleh RAPI Nasional. Ketua RAPI Kota Adm. Jakarta Timur minta diadakan perubahan mendasar yaitu kembali ke otonomi daerah atau jika tidak bisa, maka akan mengundurkan diri dari Ketua RAPI Kota Adm. Jakarta Timur.

Selanjutnya Wilayah Jakarta Selatan diwakili oleh JZ09ENB dan JZ09IAG menjelaskan bahwa RAPI Nasional harus menepati janji sesuai dengan hasil RAKERDA yaitu 2 minggu setelah berkas komplit diterima seharusnya IKRAP/KTA sudah terbit. Wilayah Jakarta Selatan juga menanyakan status surat yang pernah dikirimkan ke RAPI DKI oleh JZ09EAR yang hingga kini belum ada tanggapan.

Ketua RAPI Kota Adm. Jakarta Barat menjelaskan bahwa mereka sudah berkoordinasi dengan JZ09ECI (Sekjen RAPI Nasional) secara non formal menanyakan status 10-28 anggota wilayah Jakarta Barat yang belum keluar sehubungan JZ09ECI adalah anggota dari wilayah Jakarta Barat. Ternyata dijelaskan bahwa memang terjadi lack of resources di RAPI Nasional.

Selanjutnya JZ09TIO menyampaikan 10-14 bahwa BALMON menelpon RAPI Provinsi DKI menanyakan jumlah anggota RAPI DKI hingga saat ini dan dijawab dengan JZ09TIO adalah sama seperti bulan Juni 2011. BALMON sungguh heran mengapa bisa terjadi seperti ini, apakah tidak ada penambahan Anggota? Kembali dijawab oleh JZ09TIO bahwa ada penambahan namun hingga saat ini belum jadi IKRAP/KTAnya disebabkan oleh rusaknya alat cetak dari KOMINFO seperti yang disampaikan oleh RAPI Nasional. BALMON menyampaikan bahwa memang alat cetak tersebut pernah rusak, namun hanya beberapa hari saja dan setelah itu tidak ada masalah. Mereka meminta data dari RAPI Provinsi DKI berapa anggota yang telah memasukan berkas dan hingga saat ini belum keluar IKRAPnya. Demikianlah maka JZ09TIO meminta kepada setiap wilayah untuk mengirimkan data anggota baru ataupun perpanjangan lengkap dengan tanggal berapa diterima oleh RAPI Nasional.

Wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Utara tidak hadir malam ini.

Selanjutnya masukan tersebut dibahas bersama, dikaji satu persatu mana yang mungkin dan mana yang tidak mungkin sehingga diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

RAPI DKI akan mengirimkan surat ke RAPI Nasional (Daftar hadir terlampir) dengan inti sebagai berikut:


1. RAPI Nasional agar mempercepat proses 10-28 diberikan waktu lebih lama dari hasil RAKERDA yaitu 2x2 minggu sejak berkas diterima (2 minggu lebih lama dari janji Sekjen saat RAKERDA).


2. RAPI DKI siap membantu (menawarkan bantuan) agar hal no.1 diatas dapat tercapai sesuai target.


3. Menyikapi permintaan BALMON, hal ini akan disampaikan ke RAPI Nasional.

Jika sampai tanggal 1 April 2012 surat yang dilayangkan diatas (1 bulan sesuai target) tidak mendapat tanggapan dari RAPI Nasional, maka RAPI DKI akan melayangkan surat ke BALMON, DEPKOMINFO memberikan data anggota RAPI DKI yang masih belum keluar IKRAPnya dengan segala konsekwensi akan ditanggung bersama dan pada tanggal 15 April 2012 akan dilakukan Rapat Koordinasi lagi.

Setelah diambil kesimpulan, tiba tiba JZ09EKI (Ketua RAPI Provinsi DKI) tiba. Kesimpulan rapat disampaikan lagi ke Ketua RAPI Provinsi DKI. Selanjutnya Ketua RAPI Provinsi DKI memberikan 10-14 bahwa ada team dari METRO TV yang datang dan mengajak kerjasama untuk pembuatan GATEWAY. Mereka akan mempersiapkan MoU antara METRO TV dan RAPI DKI, dimana masing masing akan diwakili oleh 5 orang. Jadi untuk sementara yang sudah ada adalah JZ09GOA, sehingga masih dibutuhkan 4 orang lagi. Tolong menjadi masukan ke masing masing wilayah...

Demikian, terakhir dibahas surat pengunduran diri Ketua RAPI Kota Adm. Jakarta Selatan. JZ09EKI menanyakan kepada JZ09DHR selaku penasihat. Dijelaskan oleh JZ09DHR dengan hati hati dengan mengambil motto Pegadaian: Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah. Singkat kata diperlukan Rapat Koordinasi menyeluruh dari semua Pengurus RAPI Provinsi DKI agar tidak terjadi miss komunikasi. Jadi pembahasan surat Pengunduran diri JZ09EAR ditunda lagi sampai tanggal 15 april 2012.

Tepat pukul 23:30 Wib Rapat dibubarkan...

Demikian Minutes of Meeting malam ini, mohon koreksi jika ada yang terlewatkan

Salam 73 - Cherio

No comments:

Post a Comment